DIBUTUHKAN KOMITMEN DALAM MENULIS DI BLOG UNTUK MERAIH KEBERHASILAN


 RESUME KE-8  KBMN 29

Rabu, 12 Juli 2023

TEMA: KOMITMEN MENULIS DI BLOG

Narasumber : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si

Moderator : Dail Ma'ruf, M. Pd


Apa yang dibutuhkan dalam menulis di Blog?

Mengapa komitmen juga dibutuhkan dalam menulis di blog?

Berikut adalah penjelasan dari Narasumber kita Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.

Sebelum masuk kepada penjelasan baiknya kita mengenal dahulu siapa bapak Dedi Dwitagama.

Dedi Dwitagama adalah seorang motivator dari Indonesia yang dikenal dengan ceramahnya yang menginspirasi tentang pengembangan diri, kepemimpinan, dan kewirausahaan. Dia telah menjadi pembicara dan pelatih selama lebih dari 20 tahun, dan telah membantu ribuan orang mencapai tujuan mereka dan mencapai potensi penuh mereka.

Lahir di Jakarta, 28 Nopember 1964. Tujuh belas tahun menjadi Guru di Sekolah Teknologi Menengah Negeri 39 Jakarta, 2005 sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jakarta, 2009 sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 36 Jakarta, Sekolah khas dimana terdapat program studi nautika kapal penangkap ikan, teknik kapal penangkap ikan dan agribisnis perikanan, dan sampai Nopember 2011 menjadi Kepala Sekolah di SMKN 29 Penerbangan Jakarta yang merupakan satu-satunya sekolah Penerbangan Negeri di Jakarta hingga akhir tahun 2012, saat ini menjadi Guru Matematika di SMKN 50 Jakarta.

Sejak 1996 bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional RI (BNN RI), Badan Narkotika Propinsi (BNP) berbagai daerah di Indonesia, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) berbagai daerah di Indonesia, melaksanakan berbagai training, seminar, workshop dari Aceh hingga Papua, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Jepang.

Itu adalah sekelumit perkenalan tentang Om Dedi.

Apa yang dibutuhkan dalam menulis di Blog?

Jawabannya adalah salah satunya Komitmen

Mengapa komitmen juga dibutuhkan dalam menulis di blog?

Karena komitmen perlu untuk semua perbuatan yang dilakukan dalam tempo panjang

Bagaiamana cara mengisi atau memgelola semua blog agar bisa terisi?

Tahap awal adalah isi saja blog anda dengan tulisan bertema suka-suka anda ... dalam waktu setahun anda akan tahu mana yang banyak pembacanya, mau penuhi minat pembaca atau terus suka-suka anda itu pilihan, lanjut saja komitmennya.

Blog itu seperti kita punya rumah digital yang bisa kita isi apa saja dan orang lain bisa membacanya, komentar, bahkan anda bisa diundang menjadi pembicara kalo objeknya bagus.

Dalam berkomitmen menulis blog, perlukah dibuat suatu skejul agar di lain waktu komitmen itu tidak dilanggar ? Bagaimana caranya agar blog kita bisa  diketahui khalayak dan banyak yang koment?

Salah satu cara nya, share di group WA, kunjungi dan koment blog orang, isi blog dengan hal-hal yang dibutuhkan orang-orang

Supaya rame pengunjung bolehkah kita memposting tugas-tugas mata pelajaran di blog?

Bebas saja, dan suruh anak-anak mengambil tugas di blog kita, bahkan suruh mereka kasih komentar sebagai absen kehadirannya dan agar murid kita canggih.

Apakah pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran dapat efektif jika diberikan kepada siswa SD?

Sangat baik sekali dan boleh- boleh saja karena akan mempermudah anak-anak dalam belajar dan semangat. Yang terpenting anak-anak sudah memiliki email dan terkoneksi dengan internet.

Intinya jika kita ingin menulis, manfaatkan waktu dimana saja anda berada. Misalnya jika anda sedang menunggu seseorang, maka sambil menunggu orang itu datang, menulislah menggunakan Hp anda, dan sebagainya. Jadi kita harus betul-betul memanfaatkan waktu-waktu yang kadang membuat kia jenuh. Bisa juga saat menaiki kendaraan/grab mobil, kereta, busway atau yang lainnya. Jangan biarkan waktu yang sedikit senggang terlewat begitu saja.

Apakah ada pengaruhnya untuk tulisan kemungkinan di baca lebih besar di media on-line daripada blogger pribadi, padahal dengan tema yang sama dan di share ke tempat yang sama?

Dan faktor apa yang mempengaruhi?

Pengaruh bisa saja ada, tapi levelnya tinggi atau rendah tergantung konten, soal share materi yang sama tidak masalah siapa yang lebih dulu itu yang ngetop, belakangan boleh tapi kemas dengan cara menarik dan unik jadi akan lebih keren dan menarik.

Untuk menulis di blog ataupun di youtube itu sama saja, intinya harus komitmen tinggal pilih saja dan boleh keduanya.

Setiap orang yang menjalin suatu hubungan akan selalu membutuhkan sebuah komitmen. Tanpa adanya komitmen, sebuah hubungan mungkin tidak dapat berjalan dengan harmonis, karena akan sulit memahami perbedaan sudut pandang. Tak hanya hubungan percintaan, komitmen juga dibutuhkan dalam hubungan kerja dan lain sebagainya.

Pengertian Komitmen adalah

Menurut KBBI komitmen adalah tindakan untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, komitmen merupakan bentuk dedikasi atau kewajiban yang mengikat kepada orang lain, hal tertentu, atau tindakan tertentu

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Diksi Sebagai Seni Bahasa

Saatnya Mengelola Majalah Sekolah

Menulis di Majalah Suara Guru