Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi "Om Jay"

 Senin malam, 19 Juni 2023, 20:13

KBMN 29

Resume 1


Moderator : Raliyanti

Narasumber : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd

Tema : Menulis Setiap Hari


Bingung?... ingin menulis apa! kita bisa menulis tanpa ide.

Lihatlah barang-barang yang ada di sekelilingmu!, tanpa kamu sadari kamu akan menemukan ide untuk menulis. Tak perlu banyak kata-kata untuk menuliskannya jika kamu tak ada ide lagi. 

Jadikanlah menulis itu sebuah kebutuhan seperti makan dan minum.

Orang yang berbahasa lisan (verbal) dengan baik, belum tentu ia pandai dalam berbahasa tulisan (grafis). Oleh sebab itu menulis perlu menguasai simbol-simbol grafis seperti, tanda titik, tanda koma, tanda tanya, tanda seru, tanda kutip dan yang lainnya.

Menulis juga membutuhkan suasana sepi. Banyaklah membaca karya orang lain, jika kamu ingin menjadi seorang penulis. Karena menulis itu menyenangkan juga mengasyikkan. Itulah nikmatnya bila kita menyempatkan waktu untuk menulis.

Mulailah menulis dengan 3 alenia, yaitu alenia pembukaan, alenia isi dan alenia penutup. Dari ketiga alenia tersebut, dapat dikembangkan lagi menjadi beberapa alenia. Lakukan setiap hari. Dengan MENULIS setiap hari, sama saja kita bersedekah ilmu melalui tulisan. Kita dapat menyampaikan pesan atau informasi yang dibutuhkan oleh para pembaca melalui tulisan. Dengan tulisan yang kita sampaikan kepada pembaca diharapkan dapat mencerahkan dan menginspirasi para pembacanya.

Intinya menulis setiap hari itu harus dipaksakan, lawanlah rasa malas. Buatlah tulisan dengan bahasamu sendiri, jangan meniru gaya menulis orang lain. Dengan tulisan yang alamiah, maka akan banyak pembaca yang senang dengan tulisan anda. Dari alamiah akan menjadi ilmiah.

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi minat pembaca dalam menulis.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Diksi Sebagai Seni Bahasa

Saatnya Mengelola Majalah Sekolah

Menulis di Majalah Suara Guru