Ayo! Kamu pasti bisa, Tunjukan Potensimu!

 Resume ke 4  KBMN 29

Senin, 26 Juni 2023


Tema : Gali Potensi Ukir Prestasi

Narasumber : Aam Nurhasanah, S.Pd

Moderator : Mutmainah, M.Pd


Setiap manusia memiliki potensi. Apa itu potensi?

Menurut KBBI, Potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan; kekuatan; kesanggupan; daya. Oleh sebab itu mari kita kembangkan potensi yang ada pada diri kita, gali potensi kita, apasih potensi kita?...

Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai Gali potensi ukir prestasi. yang akan dikupas tuntas oleh Aam Nurhasanah, S.Pd sebagai narasumber kita malam ini. Beliau lahir di Cipanas dan saat ini mengabdi sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN Satu Atap 4 Cipanas-Lebak-Banten. "Gali Potensi Ukir Prestasi", dari mana kita dapat memulainya?. Jwabannya adalah cukup sederhana. Kita bisa mulai dari hal yang Kita Sukai dan hal yang Kita Kuasai. Misalnya, saya suka menulis, maka mulailah dari kegiatan menulis.  

Banyak prestasi yang telah diraihnya, yaitu; telah menerbitkan sebanyak 62 buku, dengan memulai karirnya sebagai blogger penulis pemula, kemudian melangkah menjadi moderator, narasumber, kurator, dan sekarang sedang belajar menjadi editor dari naskah kelas belajar menulis Omjay dan naskah dari teman-teman guru yang lain. Selain itu, pernah meraih juara 1 Lomba Blog PGRI Maret 2021, Juara 10 besar artikel HUT AISEI, Juara 3 lomba Kreasi Masker HUT Dharma Wanita Persatuan Kabupaten (DWP) Lebak (Desember 2021), mendapat apresiasi HUT Guru Proyektor EB.E500 dari PT Epson Indonesia, Lulus ASN PPPK Tahap 2 Desember 2021 dan menjadi juri lomba Blog HUT Sumpah Pemuda tahun 2021.


Ini adalah buku antologi pertama yang diraih oleh beliau. "Bahagia rasanya sudah Syah menjadi penulis karena nama kita terpajang di cover buku". Ungkap beliau. Berikut adalah penjelasan dari bunda Aam Nurhasanah, "Buku antologi adalah buku yang ditulis bersama dengan biaya keroyokan atau patungan. Asyiknya menulis bersama, kita bisa belajar melihat gaya tulisan teman. Semakin banyak membaca akan membuatmu semakin gemuk menulis. Rasanya seru sekali sebagai jejak literasi kita".

 



Dan ini adalah buku solo pertama bunda Aam Nurhasanah, S.Pd dengan judul MENGUKIR MIMPI JADI PENULIS HEBAT. Telah terbit Agustus 2020. "Sebuah judul buku adalah sebuah doa". Begitulah ungkapnya. Judul ini diambil dengan harapan suatu saat bisa menjadi penulis hebat masa depan, Aamiin ya Allah. Begitu juga doaku.

Simak juga kisah dan pengalaman beliau berikut ini;

Setalah lulus di BM (Belajar Menulis)12, beliau mengabdikan diri sebagai moderator kelas menulis. Saat itu yang menjadi moderator hanya sedikit, yaitu Aam, Mr. Bams, dan Ibu Fatimah. Setelah lahirnya tim solid, tim yang membantu Omjay, moderator sekarang adalah alumni-alumni yang mau mengabdikan diri untuk mengurus kelas menulis. Pak Brian adalah alumni BM 4 pengurus bagian Sertifikat Pelatihan. Terinspirasi pada Mr. Bams dan Bu Fatimah saat menjadi moderator, lahirnya buku solo ke-2 dengan judul "Kunci Sukses Menjadi Moderator Online". Isi bukunya menceritakan tentang pengalaman saat menjadi moderator kelas WA dan zoom. Dan masih banyak lagi prestasi-prestasi yang di raih beliau.

Berikut adalah kisah yang tak kalah menarik yang dialami bunda Aam. Ada seorang murid yang bekerja sebagai TKW di Arab Saudi meminta saya untuk mengedit novelnya.  Nama muridnya adalah Juminah. Merupakan alumni Ponpes Mathla'ul Hidayah Cipanas tempat bunda Aam mengabdi selama 12 tahun. Juminah mengirimkan tulisan hanya melalui WA. Butuh kesabaran ekstra menyatukan beberapa tulisan hingga akhirnya menjadi sebuah tulisan yang utuh. Akhirnya novel Juminah yang berjudul Seindah Takdir Cinta menemui takdirnya dan berhasil dicetak dengan tebal 300 halaman. Juminah menulis di sela-sela aktivitas bekerja. Motivasi menulisnya sangat bagus dan sangat menginspirasi. "Muridnya lebih dulu menerbitkan novel dibandingkan dengan gurunya" Tutur bunda Aam sambil tertawa malu.



"Guru hebat adalah guru yang bisa menjadikan muridnya lebih hebat dari gurunya". Pesan beliau.

Bunda Aam merasa sangat bahagia dapat mewujudkan mimpi Juminah, meraih mimpinya menjadi seorang penulis novel. Novel yang berisi kisah perjuangan Juminah yang merelakan masa remajanya untuk bekerja sebagai TKW usai lulus SMK. Juminah menjadi tulang punggung keluarga untuk membiayai sekolah adik-adiknya sampai akhirnya menemui cinta sejatinya.

Menggali Potensi yang dimiliki membutuhkan proses dan tidak seperti memakan cabai langsung terasa pedasnya. Setelah memiliki pengalaman dari peserta menulis, moderator, kurator, juara blog, hingga menjadi seorang editor. Akhirnya tidak hanya tawaran sebagai narasumber yang berdatangan. Bunda Aam juga diminta Omjay menjadi salah satu juri lomba blog tingkat nasional. Ternyata dari seorang peserta yang gagal, bisa meraih prestasi yang gemilang.

Beberapa buku yang pernah diterbitkan olah Bunda Aam, semoga dapat menjadi inspirasi bagi para penulis pemula. Ayo raih prestasimu kembangkan potensimu melalui menulis.










Beliau juga sebagai Penulis Aktif pada beberapa komunitas menulis.
Target bergabung dengan komunitas menulis adalah bisa menerbitkan buku baik buku solo maupun antologi. Berikut adalah contohnya:
Ini buku hasil dari KBMN.

Komunitas Legenural

Kelas Bunda Kanjeng Sri Sugiastuti

Kelas Menulis Online

Komunitas Pantun Bersuka Ria

Komunitas Aksara Bermakna (KAB)

Beberapa pepatah bijak tentang "Menulis"
1. Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian". - Pramoedya Ananta Toer

2. "Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak". - Ali bin Abi Thalib

3. "Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis". - Imam Al-Ghazali

4. "Usahakan menulis setiap hari. Niscaya, kulit Anda akan menjadi segar kembali akibat kandungan manfaat yang luar biasa". - Fatimah Mernissi 

5. "Menulis merangsang pemikiran, jadi saat Anda tidak bisa memikirkan sesuatu untuk ditulis, tetaplah mencoba untuk menulis". - Barbara

6. "Menulis adalah mencipta, dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan napas hidupnya". - Stephen King


Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi kita semua, Aamiin.












Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Diksi Sebagai Seni Bahasa

Saatnya Mengelola Majalah Sekolah

Menulis di Majalah Suara Guru