BLOG Juga Bisa Lho sebagai Media Pembelajaran

Resume ke 5 

Rabu, 28 Juni 2023


Tema : Blog sebagai Media Pembelajaran
Narasumber : Dail Ma'ruf, M.Pd
Moderator : Helwiyah, S.Pd, M.M

Media adalah pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan, media juga merupakan penyalur informasi. Kata media berasal dari bahasa Latin, yang merupakan bentuk jamak dari medium. Istilah media digunakan juga dalam bidang pembelajaran atau lebih dikenal dengan media pembelajaran. Lesle J. Briggs (Wina Sanjaya, 2012: 204) menyatakan "Media pembelajaran adalah instrumen pendukung yang digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, kemampuan dan perhatian bagi siswa supaya terjadi proses belajar”. 

Bismillaahirrohmaanirrohiim
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta yang Maha Rahman dan Rahim hingga kita masih ada dan menikmati dunia dan isinya. Semoga kita termasuk hamba Nya yang bersyukur dengan cara memanfaatkannya dalam kebaikan diantaranya dengan belajar di malam ini.

Pada malam ini adalah tentang Media Pembelajaran pada Blog yang tak kalah penting dengan media pembelajaran lainnya. Materi ini akan di bahas oleh bapak Dail Ma'ruf, M.Pd. Beliau adalah seorang pendidik yang hebat dan luar biasa. Sudah menyelesaikan S1 di IKIP Jakarta atau UNJ lulus tahun 2003, dan S2 di UNINDRA Jakarta tahun 2014 dan menempuh S1 PGSD di STKIP Pelita Pratama Serang lulus 2019. Ikut PPG tahun 2021 angkatan 1 di UNTIRTA dan lulus UP sekali ujian. "Wow kereen, hebat kan?". Beliau juga sudah mempunyai 1 buku Solo dan 40 buku antologi, 10 buku yang dikuratori, 5 buku yang diedit dan 5 buku yang saya beri kata pengantar. Menjadi penulis Kompasiana dan Lagerunal dari 2021 dan Maret 2023. Dapat diacungkan jempol dengan prestasi-prestasinya.

Beliau mengikuti saran-saran dari Omjay untuk menonton tutorial bikin blog dan beliau praktekan-- Tring ---blog beliau di Acc dan Horeee...

Setelah beliau mengikuti materi 1 dari Om Jay, beliau bingung bikin resume dan link harus dikirim ke form pengumpulan --lalu posting di WA grup KMBN 20. Di tengah kebingungannya, "Tring -tring -tring --- teman anggota KBMN 20 pada kirim link resume ---Breeet sudah ada 7 dan tanbah jadi 10" Ungkap beliau dengan terheran-heran. "Kok bisa ya, kapan mereka bikin --padahal materi baru beres pukul 21.00 ini 10 menit berikutnya sudah ada 12 lebih, menakjubkan". Lalu beliau diberi tahu rahasia cara cepat mengirim resume di blog.

Sebelum kita mengetahui kenapa Blog dapat di jadikan media pembelajaran, kita harus paham dulu apa itu blog dan apa itu media. Mari kita bahas satu persatu dari pak Dail

Pertanyaan adalah....
1. Apa itu Blog?
2. Apakah Blog dapat di jadikan media pebelajaran?
3. Apakah Blog sangat efektif untuk media pembelajaran?

Era digital 5.0 memakssa kita para guru/dosen untuk beradaptasi menggunakan media digital, terlebih dengan adanya Pandemi selama 2 tahun kita dipaksa untuk bisa tetap mengajar dan daring pilihannya. Hikmahnya semua guru seduania kenal media daring ZOOM dan Google Meet dan lainnya. Oleh sebab itu Blog adalah bagian dari upaya kita memaksimalkan pembelajaran agar kualitas belajar semakin baik.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
         Contoh blog di WordPress

Blog (dari kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Intinya Blog dikenal awalnya saat reformasi di Indonesia tahun 1998.
Jhon Barger yang mengenalkannya.
Awalnya hanya dimanfaatkan sebagai buku harian kemudian berkembang bahkan ada beberapa jenis blog, diantaranya yaitu :
1. Blog Pendidikan, untuk guru dan pelajar
2. Blog Sastra, digunakan oleh sastrawan dan budayawan
3. Blog Pribadi, buku harian on line atau berbagai curhatan
4. Blog Bertopik, membahas masalah topik tertentu
5. Blog Hukum, tentang hukum
6. Blog Media, berisi tentang kebohongan
7. Blog Bisnis, untuk para karyawan dan wirausahawan
8. Blog Agama, tentang agama
9. Blog Afiliasi, konten menjual produk tertentu

Manfaat Blog dalam dunia Pendidikan yaitu sebagai:
1. Rumah belajar dan berbagi guru
2. Meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar
3. Meningkatkan siswa dalam belajar
4. Dapat diakses oleh seluruh dunia
5. Media silaturrahmi.

Contoh Blog sebagai media pembelajaran yaitu dapat:
1. Menyisipkan vidio you tube pembelajaran
2. Meminta murid untuk memberi tanggapan
3. Mengajukan pertanyaan dan jawaban dari materi pada siswa melaui grup
4. Ulangan harian.

 Ini adalah langkah menjadikan blog sebagai media pembelajaran dan kita akan mempraktekkannya menjadikan blog sebagai media pembelajaran. Siapkah bapak ibu?

Semoga pembahasan mengenai Blog sebagai Media Pembelajaran ini bermanfaat dan dapat lebih luas lagi dalam menggali berbagai ilmu pengetahuan yang terkadang sepele tapi terlewatkan. Mari bapak ibu mulailah untuk mencobanya bagi yang belum pernah mencobanya dengan media blog ini. Bagi yang sudah melakukannya semoga semakin bertambah ilmunya dan dapat berbagi. Aamiin
Alhamdulillah.





 



Komentar

  1. sehat dan sukses slalu. Resume yang mencerahkan dan enak dibaca.

    BalasHapus
  2. Apakah sudah pernah membuat blog sebagai media pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah, baru kali ini saya buat blog dan paham dengan blog, mohon pendampingannya pak. terima kasih

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih Omjay, mohon bimbingannya karena baru belajar menulis

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Diksi Sebagai Seni Bahasa

Saatnya Mengelola Majalah Sekolah

Menulis di Majalah Suara Guru