Kupas Tuntas Menulis Biografi

 RESUME KE-23 KBMN 29

Jumat, 18 Agustus 2023


Tema : Menulis Biografi
Narasumber : Lely Suryani, S.Pd. SD
Moderator : Gina Dwi Septiani, S. Pd., M.Pd

Assalaamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Dunia mengenalimu dari tulisan tentang siapa kamu. 

Imam Ghazali pernah berkata, "Kalau kamu bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka menulislah"

Apakah kita pernah terinspirasi dengan tokoh dunia, Nelson Mandela? Thomas Alfa Edison atau Mahatma Gandhi? Atau tokoh nasional legendaris Soekarno -Hatta, Kartini, atau BJ Habibie. 

Apakah mereka termasuk salah satu tokoh yang menginspirasi dan menggerakkkan kita untuk berani melangkah dan menggoncang dunia. 

Kehebatan mereka dapat kita telusuri dari buku biografi 

Apa itu biografi? 

Bagaimana cara menulisnya? Tentu saja dibutuhkan wawancara, dan data yang akurat untuk menuliskannya. 

Bagaimana teknik yang mudah untuk menulis?

Malam ini materi tentang menulis biografi akan dipersembahkan oleh narasumber kita LELY SURYANI, S.Pd., SD. Asal Banjarnegara pada tanggal 25 Juli 1972. Mengabdi di SDN 1 Gumelem Kulon, Banjarnegara.

Lulusan KBMN 23, Guru Penggerak Angkatan 5 dan sebagai edior di Melintas.id

Berikut adalah karya-karya beliau diantaranya:

1. Buku Solo 
   -  Judul : 50 TAHUN LEBIH DEKAT DENGAN OM JAY
                ( Biografi Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd )
Judul : Perjalanan Menembus Langit Cinta dan Cita
              ( Autobiografi Lely Suryani ) 
2 Editor 
   Judul : KISAH OM JAY 50 TAHUN MENJADI MANUSIA
         ( Kumpulan Karya - Karya Terbaik OM JAY  / Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd )
3. Buku Antologi
Sebagai Penulis dan Kurator : 
-  The Story Of  My And My Child Seri 1
Dengan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmatnya, kita berbahagia, semoga ilmu yang kita dapat juga bermanfaat, aamiin.
Para sahabat ibu dan bapak dari seluruh Indonesia yang dengan semangatnya mengikuti setiap pertemuan KBMN semoga selalu sehat..
Terimaksih Om Jay....
Yang selalu menghanyutkan para peserta KBMN di semua gelombang

Dalam rubrik literasi  ada dua bacaan tentang biografi.

Mengingat kita dipersandingkan dengan dunia digital, yang harus kita ikuti terus perkembangannya

Nah karena menulis biografi tidak hanya menghendaki penulisnya pandai menulis, namun juga lihai membaca dan mumpuni dalam menyimak bacaan.

Menganalisis dan mengiplementasikan ke dalam tulisan biografi.

Biografi berasal dari Bahasa Yunani, bios yang berarti hidup dan grafien yang berarti menulisBiografi terjadi dari dua kata yaitu bio yang artinya hidup dan graf yang berarti tulisan. Apakah arti biografi jadi tulisan hidup?

Arti dari biografi adalah tulisan tentang kehidupan. Menurut WJ.S. Poerwadarminta dalam buku Kamus Umum Bahasa Indonesia, biografi berarti riwayat hidup, sedangkan menurut KBBI daring  bahwa biografi adalah tulisan tentang seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Mengapa biografi harus ditulis oleh orang lain? Karena jika riwayat hidup seseorang ditulis oleh dirinya sendiri, itu yang dinamakan dengan autobiografi

 Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis sendiri oleh orang yang bersangkutan. Penulisnya jelas mengalami perjalanan hidup yang ditulisnya.

Contoh BiografiBiografi Ir. Soekarno, Biografi B.j. Habibie, Biografi Om Jay.

Contoh Autobiografi: Negeri Lima Menara dan Laskar Pelangi.

manfaat dari menulis biografi?

Karena biografi adalah riwayat hidup seseorang yang merupakan tokoh, panutan dan memiliki prestasi yang lebih dari orang-orang kebanyakan, maka manfaat dari menulis biografi adalah:

1. Sebagai inspirasi 

Berkaitan dengan tokoh yang ditulis, setelah diketahui dari awal hingga pencapaianya, itu semua butuh perjuangan. Memerlukan kerja keras dan pengorbanan.

2. Sebagai motivasi.

Dengan menulis biografi seorang tokoh  bisa untuk memotivasi diri, agar lebih kuat lagi berusaha agar bisa sukses.

ciri-ciri biografi?

Biografi adalah tulisan mengenai perjalanan hidup seseorang. Selain itu, biografi ditulis berdasarkan sumber yang nyata atau fakta terjadi. Maka dari itu biografi  menggunakan Bahasa Indonesia yang baku. 

Dari segi isi tulisan, karena kisah nyata perjalanan seseorang, maka tulisan dimulai dari perjalanan semasa kecil, masa dewasa, kisah asmara dan pencapaian atau keberhasilan yang bisa memotivasi dan menginspirasi orang lain/ pembaca.

Kemudian, di dalam penulisan biografi, karena menggunakan Bahasa Indonesia baku, jadi dipastikan gaya penulisannya adalah gaya penulisan baku.

Nah dari segi motivasi, jelas diharapkan memberikan dampak positif bagi pembaca, karena di dalam biografi tersaji dengan detail dan jelas mengenai perjuangan hingga  keberhasilan tokohnya.

saja struktur Biografi?

1. Orientasi.

Berisi tentang kisah yang memberikan informasi tentang latar belakang kisah/peristiwa, juga berkaitan dengan kapan, siapa, dimana dan bagaimana.

2. Peristiwa penting (important event, record of event)

Berisi tentang rangkaian  peristiwa  yang disusun secara urut sesuai waktu atau kronologisnya yang meliputi peristiwa-peristiwa penting sang tokoh.

3. Reorientasi

Berisi  kesimpulan dari peristiwa yang dialami oleh tokohnya. Namun, untuk struktur ini, sifatnya tidak wajib. Artinya, boleh digunakan atau boleh tidak digunakan pada penulisan biografi.

 cara menulis biografi secara efektif?

1. Hal pertama yang mesti kita lakukan adalah memilih dan menetapkan tokoh yang akan ditulis riwayat hidupnya.

2. Harus minta izin kepada tokoh yang dimaksud dan/atau kepada keluarga dekatnya. Hal ini penting dilakukan agar memudahkan penulisan, juga menjunjung tinggi nilai etika.

3. Mencari dan mengumpulkan  sumber data.

Dalam  hal mencari dan mengumpulkan sumber data tentang tokoh yang akan ditulisnya, sumber data harus benar-benar valid dan mengetahui perjalanan hidup sang tokoh secara lengkap dan pasti.

4. Segera menyusun tulisan.

Setelah  data terkumpul lengkap, segera susun tulisan berurutan sesuai waktu. Misalnya, dimulai dari masa kecil, kemudian masa sekolah hingga keberhasilan-keberhasilannya.

5. Komunikasi intensif

Agar hasil tulisan sesuai harapan dan kesepakatan, maka lakukanlah komunikasi secara terus menerus pada setiap bagian-bagiannya. Jadi, setiap bagian biografi harus dipastikan mendapat persetujuan dari tokoh atau keluarga dekatnya. Jika ada bagian yang tidak diperkenankan, penulis harus mengubah atau menghapusnya.

6. Finishing 

Pada kegiatan finishing, jika sebuah biografi secara keseluruhan sudah selesai dan di-acc oleh tokohnya, maka selanjutnya adalah pembenahan dan melakukan pemeriksaan kembali keseluruhan buku dari awal hingga akhir.

7. Cetak dalam bentuk buku atau ebook.

Karena buku biografi bertujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi serta menyebarkan kebaikan-kebaikan tokoh maka perlu adanya publikasi. Publikasi bisa berbentuk buku yang dicetak atau mengikuti perkembangan teknologi dalam bentuk ebook.

Nah karena menulis biografi tidak hanya menghendaki penulisnya pandai menulis, namun juga lihai membaca dan mumpuni dalam menyimak bacaan

1. Autobiografi adalah biografi atau riwayat hidup seseorang yang ditulis sendiri oleh yang bersangkutan

kriteria seseorang untuk disebut sebagai tokoh ?

Kriteria tokoh tergantung dari lingkungan yang menyebutnya..

Jika dalam lingkup RT misalnya.. ya warga RT setempat yang mengetahuinya.

Selain itu.. kemampuan.. keberhasilan-keberhasilan seseorang pada bidang tertentu  yang bisa menjadi motivasi, inspirasi banyak orang

Bionarasi adalah sebuah kata yang dibentuk dari gabungan dua kata: Biodata dan Narasi. Dalam KBBI, biodata berarti riwayat hidup singkat, sedangkan narasi berarti kisah atau cerita. Artinya, bionarasi adalah sebuah biodata atau riwayat hidup seseorang yang kemudian dijadikan sebuah tulisan dalam bentuk narasi







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Diksi Sebagai Seni Bahasa

Saatnya Mengelola Majalah Sekolah

Menulis di Majalah Suara Guru