Berprestasi Go Internasional Berkah Menulis

 


RESUME KE-27
KBMN 29
Jumat, 25 Agustus 2023

Tema            : Berprestasi dan Go Internasional Berkah Menulis
Narasumber : Rita Wati, M.Kom
Moderator    : Nur Dwi Yanti, M.Pd


Assalaamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh
Selamat malam bapak ibu hebat
Salam Sehat selalu untuk kita semua.

Setiap orang tentu mengidamkan berprestasi dan sukses. Sukses keluarga, sukses karir dan yang terakhir adalah sukses di dunia dan alam akhirat. Jalan untuk menuju kesuksesan beragam rupa. Tapi ada satu warna yang sama. Jalan untuk menuju prestasi dan kesuksesan tidaklah lurus dan bertabur bunga. Menanjak, menukik turunan terjal. Semua membutuhkan usaha berpeluh lelah. 

Kali ini kita akan mengibarkan bendera kesuksesan dan prestasi lewat jalan MENULIS.

Fakta dari narasumber berbicara, bahwa menulis bisa menerbangkan prestasi beliau hingga go Internasional.

Bagaimana caranya? 

Malam ini kita akan kupas habis menuju kesuksesan dari pintu menulis. 

Sobat, literasi KBMN 29. Sebelum kita melaju lebih jauh. Kita berdoa dulu. Tengadahkan hati dan fikiran dalam rasa khusyuk.
Sebelum kita melangkah dalam samudra ilmu, baiknya kita mengenal narasumber kita yang luar biasa malam hari ini.


Terlahir dengan nama Rita Wati di Tanjungpinang pada tahun 1982 dari orang tua berdarah minang. Memiliki hobi, menulis, browsing dan mencoba tools baru.
S2 Magister Teknik Informatika di Universitas AMIKOM Yogyakarta. Beliau merupakan Guru Informatika di SMP Negeri 2 Mendoyo Kab.Jembrana Provinsi Bali. Beliau juga alumni Gel 10 Belajar Menulis PGRI yang diprakarsai oleh Om Jay. Dan hari ini beliau mendapatkan kehormatan kembali dari Om Jay untuk menjadi narasumber. Beliau mulai menjadi narsum di Kelas Belajar Menulis ini sejak gelombang 16. Berikut adalah aktivitas beliau:
  • Teacher (SMP Negeri 2 Mendoyo)
  • Blogger
  • Writer
  • Moderator
  • Youtuber
Hari ini beliau hanya ingin sharing berbagi bagaimana awalnya beliau bisa berkesempatan meraih prestasi dan kesempatan belajar di CS50x Harvard dan Volunteer ALCoB padahal dulunya hanya seorang guru biasa. Beliau menjadi penulis hingga ditawarkan menjadi kurator, editor, moderator dan sekarang  diundang sebagai narsum hingga Menjadi juara blog dan Guru Inspiratif Terbaik Nasional dan kesempatan belajar di Harvard dan Volunteer AIV.

Awal mula ketertarikannya dengan menulis sudah cukup lama sejak 2 dekade lalu tahun 2001 di awal masih menjadi mahasiswa. Karena pada saat itu beliau berteman dengan seorang penulis yang telah menerbitkan buku. Akan tetapi beliau tidak tahu, Mau menulis apa?... dan Bagaimana cara memulainya?... Sehingga keinginan tersebut hanya keinginan yang terpendam tanpa di eksekusi.
18 tahun kemudian di tahun 2005, keinginan itu mulai menggebu kembali, saat itu beliau tidak terlalu aktif mencari tahu group belajar menulis/ kelas menulis karena pada saat itu tidak seramai sekarang pelatihan menulis 14 tahun
Akhirnya beliau menulis apa yang ada di pikiran nya, dan berhasil menghasilkan beberapa cerpen ala beliau dan puncaknya ingin membuat novel dan telah berhasil sebanyak 80 halaman
Akan tetapi lucunya ketidakpedeannya mengalahkan cita-citanya, tidak berani tulisannya untuk dibaca oleh orang lain. Sehingga tulisan itu hanya diendapkan di Hidden folder
Akhirnya beliau men-judge diri sendiri dengan tulisan “KAMU TIDAK BERBAKAT MENJADI PENULIS”
Padahal beliau sudah menulis dan menghasilkan tulisan pada saat itu.
Lama saya tidak menghiraukan tentang tulisan. Akhirnya PANDEMI DATANG dan bertemulah dengan Kelas Belajar Menulis yang membuka cakrawala karena bertemu dengan Narsum Hebat. Hingga mendapat kesempatan menulis duet bersama Prof Richardus Eko Indrajit dan ini menambah kepedeannya.
Awalnya ketika Pertemuan 1-5  di KBM beliau hanya sekadar membuat resume. yang penting sudah mengerjakan tugas itu pikirannya saat itu.
Mulai pertemuan ke-6 beliau mulai berpikir bagaimana caranya membuat resume yang menarik tidak hanya copy paste hasil olah kata sendiri.
Nah ketika beliau menulis dengan hasil olah kata sendiri, justru diluar dugaannya, awalnya tulisannya tidak pernah di share oleh Om Jay dan ketika beliau olah sendiri akhirnya Om Jay sendiri yang ngeshare tulisan beliau.
Sejak saat itu semangat menulisnya semakin menggebu hingga selesai 30 kali pertemuan beliau mulai diajak menjadi Kurator oleh bu Kanjeng. Hingga saat ini beliau telah berhasil menerbitkan 4 buku solo, 1 buku duet  bersama Prof Ekoji yang diterbitkan di penerbit Andi dan 10 buku antologi dimana 5 antologi yang menjadi kurator serta editor lapis pertama dan 3 editor buku fiksi berupa cerpen dan novel karya peserta Belajar Menulis juga. Yang terbaru tanpa disangka beliau berkesempatan untuk menulis buku Biografi Kepala BI Wilayah Bali Nusra.


Alhamdulillah saya dipertemukan dengan orang-orang hebat yang menginspirasi dimana kisahnya sangat menyentuh tapi bisa bangkit hingga mendapatkan posisi Kepala Bi Bali Nusra dimana sudah arround the world. Setelah itu saya mulai berani mencoba untuk mendaftar kelas-kelas internasional
Alhamdulillah akhirnya bisa berkesempatan belajar di CS50X Harvard University dan Vlounter AIV kerjasama Kemendikbud dengan Kementrian Pendidikan Korea Selatan
Sekarang ini kebetulan sedang dibuka pendaftaran CS50 jika Bpk/ibu ingin mencoba silahkan daftar dan berikut tipsnya

Tips Lolos Beasiswa Microcredential

Saat ini Kemendikbud sedang gencar mengadakan kerjasama dengan kampus luar negeri untuk meningkatkan pengembangan diri bagi guru melalui beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).  

Berdasarkan pengalaman Cikgu  yang lolos beasiswa Microcredential CS50X  Harvard University.  Berikut ini cikgu berbagi tips agar lulus seleksi.

  • Menyediakan sertifikat TOEFL ITP 450, Duolingo  65, IELTS 4.5. Sertifikat toefl yang digunakan max 2 tahun terakhir .
  • Upayakan mendapatkan score Toefl, Duolingo, IELTS lebih dari score minimal yang telah ditentukan.
  • Membaca ketentuan dan persyaratan pendaftaran dengan teliti. 
  • Perhatikan satu per satu persyaratan jangan sampai ada yang terlewati.
  • Mengisi essay memasukkan alasan mengapa ingin mengikuti program tersebut dan bagaimana mengimplementasikan di dalam pembelajaran dan cara mendiseminasikan nya.
  • Pada saat wawancara jawablah pertanyaan secara singkat, jelas padat dan berikan informasi tambahan tentang pelatihan yang pernah diikuti, prestasi yang pernah diraih terutama yang berkaitan dengan ICT
  • Gunakan internet yang stabil
  • Searching informasi kegiatan yang berkaitan dengan CS50x  https://cs50.harvard.edu/indonesia/2023/sebagai informasi awal untuk mengenal CS50x
Beliau merasakan sendiri manfaat dari menulis, hal yang sangat diluar ekspetasinya dan bisa menyelesaikan S2 dalam 3 semester diamna dibarengi dengan kepadatan kegiatan karena kampus  menyediakan Thesis Jalur Lomba dengan Jurnal Publikasi
Kebetulan beberapakali juara blog sehingga beliau mengajukan thesis lewat jalur lomba dan benar-benar merasakan manfaatnya sampai dipermudah dengan kuliah itu sangat diluar pikiran beliau


Tujuan awal beliau menulis karena hobi, tapi ketika ada kompetisi saya coba-coba ikut dan alhamdulillah sekarang bisa menjadi penghasilan yang berawalnya mulai dari hadiah buku, tumbler, ATK hingga tablet, laptop, uang tunai di raih berkah dari belajar menulis di sini

Demikian pengalaman beliau melalui menulis ini, sungguh sangat bermanfaat dengan menulis, beliau mampu berprestasi hingga Go Internasional.
Patut diacungkan jempol dengan prestasinya yang luar biasa, semoga kita semua yang berada di grup menulis ini terinspirasi untuk terus berprestasi.

Akhirukata
Wassalaamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh














Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Diksi Sebagai Seni Bahasa

Saatnya Mengelola Majalah Sekolah

Menulis di Majalah Suara Guru